News

Figur Penerus R.A. Kartini Masa Kini

Pada minggu peringatan Hari Kartini tahun ini, DAV berkesempatan untuk duduk dan berbincang dengan Ibu Linda Valentin, salah satu pencerminan sosok R.A. Kartini masa kini. Ibu Linda sendiri adalah seorang General Manager (GM) Marketing untuk PT Sumber Alfaria Trijaya, tbk (Alfamart) yang merupakan salah satu perusahaan jaringan distribusi retail minimarket terbesar di Indonesia dengan jumlah gerai lebih dari 11.000 toko dan melayani lebih dari 6 juta pelanggan setiap harinya. Selama karirnya di Alfamart, wanita lulusan Universitas Bina Nusantara ini telah mengukir berbagai macam prestasi dari membawa Tim Alfamart mendapatkan Marketing Award di 3 kategori (Experiental Marketing, Social Marketing and Marketing ased on IT Marketing) diadakan oleh Majalah Marketing; Sepuluh Besar Marketing Dream Team Championship (in Service and Loyalty) yang diadakan oleh majalah SWA; memenangkan Social Media Award pada tahun 2012, 2013, 2014 dan 2015; hingga beberapa penghargaan lainnya.

.

Apa role dan tanggung jawab anda di Alfamart sebagai GM Marketing?

.

Tanggung jawab saya di Alfamart adalah mengintegrasikan semua bagian dari divisi Marketing yang terdiri dari Promotion, CRM, Marketing Communication, hingga Digital marketing untuk menciptakan tidak hanya Good Marketing tetapi Great Marketing karena good marketing makes our company looks smart but great marketing makes our customers feel smart by choosing Alfamart.

.

Apa suka dan duka menjadi seorang wanita karir di era saat ini?

.

Sebagai seorang wanita karir, seorang istri dan seorang Ibu, pastinya saya diharuskan untuk memiliki extra power. Saya dituntut untuk menjadi lebih bijak dalam membagi waktu antara pekerjaan dengan keluarga. Tentunya ini bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan dukungan keluarga dan juga terbantu dengan adanya flexibility dari perusahaan, tetap memungkinkan bagi saya untuk bisa menjalankan role sebagai orang tua dalam berbagai kegiatan sekolah anak yang sering kali juga membutuhkan peran aktif dari orang tua murid.

.

Sebagai seorang wanita karir apakah pendapat anda tentang R.A. Kartini?

.

R.A. Kartini bagi saya adalah tokoh wanita inspiratif yang memiliki karakter yang kuat. She knows what she wants, what she needs to do and she believes in herself. Menurut saya 3 karakter itu yang memang harus dimiliki oleh wanita-wanita Indonesia untuk menjadi pribadi yang kuat dan sukses.

.

Apakah ada sosok wanita yang Ibu idolakan yang dijadikan sebagai role model? Siapa orang tersebut dan mengapa Ibu mengidolakannya?

.

Sosok wanita yang saya anggap sebagai panutan adalah Bunda Teresa dari Kalkuta. Bukan hanya dari sisi kerohaniannya saja, tetapi juga karena beliau adalah sosok yang idealis, memiliki karakter pribadi yang kuat, kerendahan hati yang luar biasa, dan rasa kemanusiaan yang tinggi. Semenjak berusia 18 tahun, Bunda Teresa sudah memutuskan untuk meninggalkan keluarganya untuk menjadi seorang misionaris hingga akhir usianya di 87 tahun. Beliau adalah sebuah sosok wanita yang luar biasa bagi saya. Banyak hal/ prinsip kehidupan dari Beliau yang hingga saat ini saya jadikan guidance justru bukan hanya dari sisi kerohanian, tetapi bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah 15 Mother Teresa’s Humility List.

.

Kualitas apa saja yang diperlukan oleh seorang wanita agar dapat sukses diperusahaan besar seperti Alfamart?

.

Find your passion, you need to know what you want, what you need to do, believe on yourselves and the most important thing is: be persistent! Saya yakin dengan semua hal itu seorang wanita mampu menjadi karakter yang kuat, bright dan mampu bersaing secara sehat di dalam dunia kerja.

.

Apa tips atau saran untuk wanita muda yang baru akan memulai karir mereka di sebuah perusahaan besar seperti Alfamart?

.

Tetap positif. Jadilah positif bagi dirimu sendiri dengan percaya akan dirimu sendiri, jadilah positif bagi pekerjaanmu dengan melakukan yang terbaik di dalam pekerjaan, dan jadilah positif di lingkunganmu dengan menyebarkan positive vibes disekitarmu.

Read in English